Selasa, Agustus 11, 2009

Kalibiru

Kalibiru yang satu ini jangan dibayangkan sebuah kali (sungai, red) yang berwarna biru..hemm,,anda salah kalau berpikiran demikian. Kalibiru adalah suatu tempat piknik yang asik di atas bukit (eh bukit pa gunung yah, pokoknya pegunungan tinggi). Wisata ini berada di Kabupaten Kulonprogo, atasnya Sermo lah, ga jauh dari jogja, satu jam lebih dikit dari kota jogja (kalo ngebut). Jalan aja ke arah kota wates, ikuti petunjuk jalan yang mo ke arah sermo trus cari yang ada plang Kalibiru, warnanya kuning2 kalo dah mau masuk ke arah wisata ini, sudah banyak papan nama petunjuk jalannya kok, jangan kuatir ^^
Cuma ni tempet wisata ada di atas sermo, jadi mandangin waduk sermo dari atas ceritanya. Nah karena warna air waduk sermo yang memantulkan warna langit yang biru menyebabkan air waduk berwarna biru sehingga (mungkin) menyebabkan nama tempat ini diberi label "kalibiru"..huehuehue..asumsiku siih..
Perjalanan menuju ke tempat ini lumayan naek (persneling satu ato dua), berkelok (namanya juga jalan gunung), tetapi mata kita bakalan segerrr karena hanya warna hijau daun pepohonan yang kita lihat, juga jurang..hehe..masih di sepanjang perbukitan menoreh..
Terdapat beberapa lajur jalan yang masih berbatu (sayang sekali) tapi ga separah pas mau ke goa seplawan kok. Dan jalanannya lumayan sempit, so hati2 ajuah...hihihi..dan jangan lupa full-in tu bensin. Dan jalanannya yang lumayan sempit membuatku berpikir dua kali kalo nyupir mobil di sini, jadi mending bawa motor dulu buat belajar medannya kalo mau..huhuhu..
Setelah bersenang-senang berjalan di area tanjakan nan berbelok maka akan terlihat plang guedhe banget bertajukkan "Kalibiru" itu tadi. Ga bayar waktu itu, cuma uang parkir dan titip helm aja. Itu juga cuman IDR2000 aja. Padahal banyak fasilitas yang ditawarkan di tempat ini, seperti yang tertulis di papan namanya.
ini adalah plang nama tempat wisata "Kalibiru"
Ada outbound center, pondok wisata (buat yang pengen nginep), joglo pertemuan, perpustakaan (yang ni aku belum nemu, tapi pas dateng kemaren ada beberapa bangunan sedang dibangun), gardu pandang, jalur trekking, flying fox.
Nah untuk gardu pandangnya ada lima gardu pandang waktu itu yang tak singgahin dengan view yang berbeda-beda, mantab lah pokoknya..hee..
Kalo yang jalur treking mantap bener, asik buat jalan2 dengan jalur ajib yang tidak membahayakan kecuali berani ikut jalur penduduk asli yang "bagus" bener kemiringannya..hehe..
Flying fox yang aku lihat bagusnya buat anak-anak aja, soalnya jalur yang ditempuh tidak terlalu panjang, lebih panjang flying fox di njambon resto, eh tapi orang dewasa juga boleh kalo mau belajar uji pacu jantung sederhana, hehe..dan sepertinya kalau tidak hari libur tidak dibuka (padahal cuma bayar IDR10.000).
Ada enam pondok wisata di sana yang aku lihat dengan struktur bangunan dari bambu, kayu, dan gedheg. Pokoknya bener2 pondok alami lah, berasa tinggal di gunung bener (ya iyalah..hahaha)..lengkap dengan adanya kamar mandi (toilet, red) di dua titik berbeda dengan 3 kamar, dan juga dua ruang pertemuan di dua titik berbeda pula. Ruang pertemuan yang pertama di ujung jalan masuk, yang kedua di ujung jalan pucuk deket tmpat pemberhentian si flying fox tadi.
Dari gardu pandang pertama (lima menit naek jalur treking) akan kita lihat sebuah pemandangan wow! waduk sermo dari atas (tapi belum utuh dan arah dari samping) yang dikelilingi perbukitan. Kalo masih kuat mending jalan lagi menuju gardu kedua, dari sana akan terlihat waduk sermo berwarna biru dari tengah, tetapi banyak kehalangan pohon, hehe...So, jalanlah lagi menuju gardu pandang ketiga. Nah di sini bisa kita lihat segilima waduk sermo berwarna biru yang utuh lengkap dengan perbukitan yang memagarinya..hemmm..mantap..
Kalo masih belum puas berjalanlah kembali melewati jalur treking ke gardu pandang keempat, gardu yang paling gedhe, gardu tempet flying fox berada. Nah ini gardu pandang favoritku karena ada beberapa view yang aku lihat. Eh, banyak view malah. Memandang dari sebelah kanan ada perbukitan menoreh memanjang di mana waduk sermo ada di tengahnya, bukit2 lagi dan selanjutnya terhampar pemandangan hijau jogja, eh, apa bantul ya..Pokoknya kita bisa melihat kota Jogjakarta dan juga waduk dari atas..mantap lah pokoknya,,itu stres2 bakal ilang terbawa hembusan angin gunung yang dingin seger nan mantap..huehuehue..
Oia, satu tips kecil bawalah makanan pas piknik ke sini, bekal lunch juga bole, soalnya gada penjual makanan di sini ataupun minuman. Minuman perlu banget kawan, karena kita selalu mengeluarkan keringat meski berjalan di hawa gunung yang dingin. Area trekingnya sedikit memaksa kita untuk berolah raga..hehe..lumayan, ga pernah olga aku..xixixi..
Gardu pandang terakhir menghadirkan pemandangan kota jogja dari atas bukit, terlihat titik2 atap rumah, gedung yang kuecil banget..tapi ya jangan di bayangkan kayak di hargodumilah ato gombel, dari atas bukit ini semua tampak kuecill banget kayak semut,,ga keliatan malah, tips lagi bawa teropong aja biar puas liat2nya.
ni waduk sermo dari gardu keempat

ni pemandangan ke arah selatan dari gardu keempat juga

Hemm.,,jadi mikir, aku ngeliat dari atas bukit segini aja tu permukiman terlihat kecil tak kasat mata, gimana Allah ngeliat kita dari Atas sana ya..kita tu keciiilll banget gada apa2nya..hihihi...aku jadi bersyukur.. ^^

yah, pokoknya persiapkan bekal minum dan makan, juga ragamu untuk menikmati tempat wisata ini. hemm, kurang promosi juga ni tempet karena aku juga belum terlalu mendengar gaung nama tempat ini. So, yg udah baca blog ini maen2lah ke sana, ramaikan wisata Jogja...tapi jangan kotori ya..di sana masih bersih dan ada banyak tempat sampah buat buang sampah2 kita,,ayeee..

oke, cukup sekian..
tetep sehat tetep semangat..
aku masih mau jalan2 lagi..ayeee...

>,<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar