Minggu, Agustus 02, 2009

Agrowisata Tambi, Wonosobo

Pernah ke wisata dataran tinggi Dieng??Itu loh, yang di daerah pegunungan tinggi Wonosobo, terkenal dengan nama Dieng Plateau. Sejuk dan indahnya serta beragam tempat wisata di daerah ini merupakan salah satu pesona yang menarik untuk dikunjungi. Ada kawah Sikidang, candi Pandawa, kawah Candradimuko, dll buanyak dengan areal satu tempat wisata ke tempat wisata lain yang lumayan jauh..heemm, tapi bukan tempat wisata itu yang aku explore sekarang, tetapi petualanganku ke sebuah perkebunan teh di daerah Wonosobo ini sebelum naek ke Dieng.
Nama tepat ini adalah Agrowisata Perkebunan Teh Tambi. Jalan menuju ke areal perkebunan teh ini searah ketika akan naek ke Dieng, tetapi nanti sebelum sampai loket masuk Dieng ada pertigaan dengan plang Tambi, belok kanan lah dan kita akan melewati jalan yang kecil di tengah areal perkebunan wortel, selada, dll. Terus aja long road to Tambi, jalannya sepi dan naik turun tapi cihui sekali, buehehe..Nanti akan ada papan nama guedhe di sebelah kanan jalan. Tempatnya luas, rapih, dan lux. Parkiran luas, taman luas, penginapannya juga bagus2, hahaha..kata anak2 lumayan buat hanimun..wkwkwk... Dan yang menyenangkan dari areal penginapan dan tamannya kita bisa ngeliat hamparan pemandangan nan hijau, luas yang menyejukkan mata dan hati, refresh bener dagh..hee...
tulisan yang gedhe agar bisa diliat dari jauh

Di deket parkiran ada patung gedhe pak tani minum secangkir teh, view-nya juga bagus buat poto2, selalu ada tempat buat yang banci kamera di sini, bahkan di setiap pojoknya..muehehe..teteuup...
Setelah masuk gerbang yang kita lihat pertama adalah areal taman dengan kolam dan saung atau pondok kecil di tengah kolam air kayak di rumah makan pemancingan..heemm..elok nian, sejuk dan adem..lalu jalan lagi ke depan akan ada ruang informasi. Di sini kita bisa tau sejumlah informasi mengenai gimana kita menginap, treking, ato outbound, make meeting room atau ikut teawalk yg kayak perjalanan wisata perkebunan teh dari awal metik pe masuk ke pabrik. hemm..yang kayak yang di pegunungan teh Sari Kemuning yang aku tulis sebelum ini juga ada pabriknya looh..
tamannya nui, yang keliatan atap itu adalah penginapannya

pondok di tengah kolam

Yang pasti karena ini perjalanan aku lakukan taun 2006 aku lupa harga2nya, yang aku inget kita berlima bayar IDR15000 untuk bisa maen2 sepuasnya di areal kebun teh belakang tanpa dikawal..yihaaa....
Jadilah kita masuk menuju areal perkebunan teh. Sebelum masuk ke kebun teh di kanan kiri jalan masuk ada beberapa penginapan dengan gazebo dan taman kecil di depannya..wuiih, mantap..di daerah penginapan yang utara ruang info malah ada kolam air terjun kecil jadi di depan pondok berasa river view..hehe..desaa bgt..ajiipp..
Ketika masuk kebun ngeliat pertama kali yang aku liat adalah nuansa hijau yang sangat kental, ya iyalah namanya juga kebon teh, huehuehue..daaann, ada rumah pu-unnya yang pu-unnya segedhe gaban, guedhe puoolll di tengah2 areal kebun teh..yihaaa...
Untuk naek ke rumah pu-un kita harus manjat pake tangga tali..wauw, deg deg plas, mana tu pu-un gedhe dan tinggi sekaleee...huhui...tapi puassss banget bisa naek ke atas...wow..indaaaah banget..hihihi..berasa monyet, ow ow ow...

areal kebun teh

rumah pu-un

Nah setelah itu kita berjalan-jalan di area kebun teh, karena hari sudah sore pas kita nyampe sini jadi ga ketemu sama mbak2 pemetik teh, kalo pagi mungkin iya, karena pan metik tehnya pas pagi katanya, aku mah lupa dengan pelajaran ini, tidaaak..kemampuan otakku menurun,,wkwkwk..
jalan setapak di tengah kebun teh

Udah dibikin jalan setapak kalo di sini, mungkin karena sudah dikelola dengan baik, ga seperti pas aku gila2an di perkebunan teh yang tak tulis sebelum ini (perjalanan keduaku). Tetapi setiap tempat memiliki filosofi dan pelajaran penting sendiri-sendiri untukku, ga pernah selalu sama..hehe, kecuali sama-sama teh..heeew...
Jalan2 di sini jauuuh dan luas, dan kebetulan tinggi teh di setiap ketinggian berbeda, mungkin ada yang selese tanam, petik, baru ditanam, dan selanjutnya bla bla bla..yang pasti kalo pengen tenggelam di tengah lautan teh carilah teh2 yang telah tinggi ato kalo ga mo ribet jongkok aja di areal teh yang masih rendah2..hehe...efek foto..wkwkwk...
tenggelam di tengah kebun teh, hahaha, padahal..hee

Setelah puas maen di rumah pu-un, lari lari sana sini di tengah kebun teh dan ketawa ketawa kita keluar dari area kebun...Kita jalan menuju ke areal penginapannya. Penginapannya macem2, tetapi semuanya terlihat bagus-bagus dan wow! buat kantong kami para mahasiswa diliat dari segi harga, hehehe..
Ada tamannya juga buat ngeliat pemandangan,,heemmm...yang pasti hari ini kami semua merasa senang dan betah serta sebenernya masih penegn diam dan menikmati suasana dingin dan lainnya,,tetapi mo gimana lagi, dieng kan jam 3 dah berkabut tebal, takut kabutnya turun dan kita ga bisa ngeliat jalan yang notabene meliuk2 gitu jadi kita harus segera cabut dari tempat itu jam 4an..hemm...

view dari tempet penginapan, dan masih byk view lain

tempat buat duduk2 di atas bukit kecil di atas penginapan, ngliat pemandangan yg beeeuhhh..

ni juga salah satu view-nya

salah satu rumah penginapannyua dan byk tipe laen, laen2lah pokoke

yang ini salah satyu sudut tamannya, dan masi ada taman laen, taman bunga, dll

ada plang petunjuk arah di area penginapan yang luaas,,

yasud, sekian laporan perjalanan yang terlambat ini..mungkin karena sudah hampir tiga taun mungkin sudah banyak perubahan di sana sini, aku belum survey lagi..hahaha...(ngarep jalan2 lagi)
ttetapi yang pasti aku sangat merindukan perjalanan "long road" to tambi ini...
*(dedicated for:cindy, mas anggi, aji, hisyam..ayo jalan2 lagi ^^)
ayo-ayo mari ke wisata ini...heemm..
siipp..

tetep sehat, tetep semangat, beso kita piknik-piknik lagi..yiihaaa,,,