Minggu, Juni 22, 2008

sebuah refleksi jiwa

hemm...tinggal di daerah pelosok prambanan ngaJogjokarto Hadiningrat mengajarkanku banyak hal......tentang hidup....(sigh..)...
aku belajar bersyukur dari orang-orang yang tidak kukenal, dari orang yang hanya kulihat, tak pernah bicara denganku, tapi mereka memberiku pelajaran lewat perbuatan, perilaku, dan pandangan...
banyak melihat, banyak mendengar, banyak merasa..membuatku lebih kaya daripada banyak bicara...

aku seperti berada di suatu pulau di tengah laut...
ketika melihat ke barat, terlihat hirukpikuk kehidupan glamour yang menggiurkan...hari-hari yang dipenuhi pesta dan foya-foya...gimana ngga pengen..yang ada hanya seneng dan seneng banget..
aku berpaling ke timur, di sana kulihat banyak orang membanting tulang, memeras keringat, dan berjuang seharian hanya demi sesuap nasi..yang ada hanya kerja dan kerja, ga peduli bahwa mereka sudah mendekati senja, yang penting perut keluarga mereka terisi...
aku ga tega, aku memalingkan muka ke selatan, di sana ku rasakan hembusan dingin perhelatan intelektualitas..dengan semua seluk beluk ilmu pengetahuan, mengejar ilmu dan dedikasi...semua demi harga diri...dingin...
aku berbalik melihat ke utara, rupanya semua sedang khusyuk mengingat dan menyembah Yang Maha Kuasa,,,tak kusangka...masih ada yang begitu mau mengingat dengan rapi di tengah porak-porandanya dunia, walau pun dengan cara mereka sendiri..
dan sekarang...semua angin itu seperti membisikkanku akan arti tiap sisi..
menggoyahkan nahkoda....dan membuatku untuk tetap merenung, jangan sampai aku salah mendayung...

nah sampai di sini saya kembali mengalami masa kebingungan kembali....
ada yang dapat membantu saya??
=D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar