Jumat, September 10, 2010

Wisata Lampung (Part 2)

Masi kelanjutan dari cerita Wisata Lampung (Part 1) yang mengisahkan jalan-jalan kuliner di Lampung.

Tempat kesebelas yang aku rekomendasikan adalah warung pecel lele Mas Yanto Lamongan..beeeuuhh..cobalah menu lele goreng apa bebek gorengnya. Dipadu dengan sambal yang pedas aduhai menyebabkan tempat ini selalu ramai dikunjungi orang karena ketagihan. Warung ini memiliki beberapa cabang, salah satunya berada si deretan ruko di daerah Way Halim. Lele goreng yang kriuk serta bebek goreng yang empuk jadi menu favoritku saat berkunjung di sini. Ditambah dengan porsi nasi yang mantab, bolehlah tempat ini dijadikan alternatif tempet makan kalo kangen ma masakan2 jawa..hehe..

Keduabelas adalah cafe yang tempatnya masih di deretan ruko yang sama dengan warung makan Lamongan. Terkenal dengan nama Cafe Babe, merupakan tempet nongkrong yang asyik. Bisa ngenet sepuasnya sambil minum milkshake stroberi or coklat dengan satu toping es krim di atasnya,,segeerrr...trus ada juga yang suka nge band di sini. Tunjukin aksi lo,,hahahaha...selain itu juga disediakan viewer lebar buat nonton bareng. Bahkan saat musim piala dunia 2010 kemaren Cafe Babe ini menjadi salah satu tempat favorit buat acara nonton bareng. Apalagi saat pertandingan antar negara yang kuat,,parkir selalu penuh sesak. So...jangan lupa cobain ni cafe yang buka sejak sore jam tiga ampe malem jaaam,,,kalau ga salah jam 11pm...sekali lagi kalo dak salah..kekeke..

Ketigabelas adalah warung makan Bu Gendut. Nasi dengan porsi jumbo yang memang dicai oleh orang2 yang sangat kelaparan saat makan siang atau makan malam. Ayam goreng pahanya kriuk banget. Restoran keluarga yang satu ini boleh dicoba kalau kamu sedang memiliki nafsu makan tinggi tetapi duit cekak dan pengen tetep makan enak..hehehe..Oia..letaknya juga di deretan ruko ruko di daerah Way Halim..

Keempatbelas adalah warung makan Mba Mar. Meski belum lama buka tetapi warung makan ini selalu ramai dikunjungi para pembeli. Terutama saat jam jam makan siang dan saat mau dinner. Menu yang enak menurutku adalah bebek goreng pahanya, mantab euy..selain itu kita selalu diberi satu mangkuk kecil sayur asem free..ohohoho..lumayan kan daripada lumanyun..kekeke

Kelimabelas adalah warung mie Kodon yang terkenal di daerah Teluk. Mie goreng dan mie godhog yang dijual di sini musti dijajal dan jangan lupa datang sebelum waktu maghrib (sekitar pukul 6 sore), karena pada jam segitu warung mie ini sudah kehabisan stok dan tutup. Sayang sekali kan.

Kalau kamu pengen minum yang anget anget semacam minuman jahe (kalo di jawa namanya wedang ronde) saat udara malam mulai mendingin, serta bosan dengan Saburai maka cobalah nongkrong dan nangkring di depan Museum Lampung. Di sana banyak banget minuman2 jahe-susu (kayak bajigur kalo di Jawa) sampai pure wedang jahe beneran. Truscemilan jagung bakarnya jangan lupa.

Nasi goreng Gila di samping Saburai juga patut diujicoba. Porsi jumbo dengan nama menu lucu2 menjadi salah satu andalah warung nasi goreng tenda yang satu ini. Salah satu menunya yang lucu adalah "Nasi Goreng Santri" yang katanya nasi gorengnya sesuai namanya. Santri kan oraangnya lurus2 aja..jadi nasi goreng santri adalah nasi goreng yang lurus2 aja, pure nasi digoreng tanpa ada tambahan bahan suatu apapun. Rasanya juga santri. Pelajaran moral yang bisa dipetik adalah "kalau idupmu lurus2 aja tanpa halangan bagaikan kamu makan nasi santri yang lurus2 aja tanpa tambahan..hambaaarr..ga nafsu,,kekeke"

Kalo kamu suka makanan seafood datanglah ke Kampung Seafood di Jalan Pangeran Antasari. Recommended abiss,,,

Kalau mau beli oleh2 khas Lampung yang terkenal dengan keripik PisCok (Pisang Coklat) dan kemplangnya silakan datang ke toko oleh2 Yen Yen. Selain itu juga ada kopi khas Lampung, sambel Lampung, Lempok durian dan oleh2 lain yang berupa makanan di Lampung. Nah kalau pengen oleh2 kain tapis dan miniatur gajah maen bola atau sekedar kaos dengan tema Lampung dateng aja ke Pasar Bambu Kuning yang dari arah Jl Kartini ke kiri. Jangan lupa untuk menawar sekenceng-kencengnya..kekeke..daripada kemahalan..heemm..

Sebenernya masih teramat banyak potensi kuliner di Lampung yang belum terpublikasikan sehingga banyak orang yang tidak tahu bahwa tempet itu sebenernya ada dan sedap abis cuma ga tau tempatnya. Nah keberadaanku di bumi ruwai jurai ini mungkin bisa membantu tempat2 yg ingin dicari oleh orang2 yang mungkin belum tau apa2 di Lampung seperti aku sebelumnya. Karena keterbatasan waktu dan pengetahuan tentang Lampung kala itu menyebabkan persinggahanku hanya sebatas dengan yang aku tau dan disesuaikan waktu. Orang semacam kami membutuhkan tour guide yang memberi tau di mana tempat2 yang layak dikunjungi. Oleh karena itu para pembacawan/pembacawati silakan yang mau memberi masukan tempat2 baru mungkin aku juga bisa share di sini sehingga Lampung bisa terpublikasikan dengan baik.. :D

Terimakasih atas saran2nya..daan...
tetep sehat tetep semangat!!!
beso kita jalan2 kagi..kekeke


Tidak ada komentar:

Posting Komentar